31 Agustus 2020 • Anandia Muhammad Yudhistira

Memaksimalkan Auto Complete di Jetbrains dengan Laravel Ide Helper


Fitur autocomplete merupakan fitur yang tidak bisa dipisahkan dari programmer untuk saat ini. Dengan fitur ini memungkinkan proses membuat aplikasi atau program yang kita buat menjadi lebih cepat dan efisien. Hal ini karena kita tidak perlu menulis secara manual kode yang akan kita buat, melainkan kode tersebut akan dilakukan secara otomatis oleh fitur autocomplete ini. Selain membuat proses membuat aplikasi menjadi lebih cepat, autocomplete juga dapat meminimalkan kesalahan ketik ketika kita sedang ngoding.

Untuk menggunakan fitur autocomplete ini, programmer harus menggunakan code editor atau IDE yang mendukung hal tersebut. Namun jangan khawatir, di era saat ini sudah banyak code editor atau IDE yang mempunyai fitur autocomplete baik yang berbayar maupun yang gratis, contohnya adalah Visual Studio Code, Sublime dan keluarga Jetbrains.

Fitur autocomplete di IDE keluarga Jetbrains bisa dikatakan sangat powerful dibandingkan dengan code editor yang lain. Ketika pertama kali membuka IDE Jetbrains, dia akan melakukan indexing terhadap semua kodingan kita sehingga semua kelas maupun method dapat langsung terindeks sehingga membuat fitur autocomplete ini dapat bekerja dengan sempurna.

Akan tetapi tidak ada kesempurnaan di dunia ini, termasuk dunia IDE. Autocomplete di Jetbrains ataupun di code editor lain tidak bisa melakukan fitur autocomplete pada kode yang bersifat magic. Salah satu framework populer di PHP sekarang yang bisa dikatakan banyak terdiri dari magic adalah Laravel. Akan tetapi, ada salah satu package di Laravel yang berguna untuk mengatasi kekurangan tersebut, yaitu package Laravel IDE Helper.

Cara Instalasi

Langsung saja mari kita praktikan cara instalasi Laravel IDE Helper di Laravel bersama-sama.

  1. Instalasi Laravel IDE Helper menggunakan Composer

    composer require --dev barryvdh/laravel-ide-helper
    

    Kenapa kita menggunakan opsi --dev disini ? Ini karena Laravel Ide Helper ini cuman berguna ketika kita mendevelop aplikasi saja dan tidak berguna ketika aplikasi kita ada di mode production ataupun staging.

  2. Load package secara manual pada mode selain production dengan cara mendaftarkannya pada file AppServiceProvider di method register()

    public function register()
    {
       if ($this->app->environment() !== 'production') {
           $this->app->register(\Barryvdh\LaravelIdeHelper\IdeHelperServiceProvider::class);
       }
       // ...
    }
    
  3. Instalasi sudah selesai.

Penggunaan

Setelah proses instalasi Laravel IDE Helper di atas selesai, maka untuk cara menggunakannya cukup mudah. Package ini mempunyai 3 fitur berbeda yang mempunyai kegunaan masing-masing, namun intinya ketiga fitur tersebut berguna untuk memaksimalkan fitur auto complete dari code editor / IDE yang kita gunakan. Berikut ketiga fitur tersebut :

Bonus Tips

Supaya lebih ringkas ketika kita ingin menjalankan ketiga perintah di atas sekaligus, kita dapat mengumpulkan ketiga command di atas dalam satu command pada composer.

"scripts": {
    ...
    "ide-helper": [
        "@php artisan ide-helper:generate",
        "@php artisan ide-helper:meta",
        "@php artisan ide-helper:models -N"
    ]
}

​ Setelah itu, kita dapat menjalankan composer ide-helper

Faq

Apakah hasil generate file dari package Laravel IDE Helper ini harus dimasukkan ke .gitignore atau tidak ?

Menurut saya harus dimasukkan ke .gitignore karena tidak semua programmer dalam tim kita membutuhkan fitur autocomplete dari Laravel IDE Helper ini atau bisa juga mereka juga sudah punya plugin di code editor mereka sendiri, sehingga akan redudansi jika ditambahkan package ini.

Oke, begitulah cara instalasi dan penggunaan dari package Laravel IDE Helper. Semoga dengan adanya tutorial ini dapat meningkatkan kecepatan ngoding kita sekaligus mengurangi kesalah ketik kita ketika mendevelop suatu aplikasi.

Daftar newsletter yuk!

Kamu akan mendapatkan maksimal 1 email per minggu, berisi kumpulan informasi menarik seputar Laravel, PHP, dan teknologi web pada umumnya.

1000++ web artisan lain telah berlangganan, jangan kudet.