31 Mei 2020 • Qisthi Ramadhani

Customize Laravolt dengan Tema Sendiri Part 1


Halo semua, pada kesempatan kali ini saya akan memberi tutorial cara memasang template buatan sendiri atau beli dari marketplace untuk digunakan di project Laravel. Dengan bantuan platform Laravolt, sebuah teknologi apakah itu?

Jadi, singkatnya Laravolt adalah sebuah platform karya anak bangsa yang bisa digunakan untuk mempercepat pembuatan sebuah sistem informasi dalam 2 minggu. Ga percaya? Coba saja langsung sendiri dan rasakan magic-nya!

Sebelum lanjut, disini saya akan menggunakan Laravel long term support yang terakhir versi 6 dan sebuah template karya CSS Ninja bernama Dashkit.

Disclaimer dulu ya, pada tutorial kali ini kita akan mengganti halaman authentication yang sebelumnya sudah disediakan oleh platform Laravolt.

Install Laravel versi 6

Cara yang paling sederhana meng-install Laravel LTS versi 6 adalah dengan composer, dengan command:

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel [nama-project] "6.*"

Install Laravel versi 6

Jangan lupa setup file .env di project, lho!

Install Laravolt

Sebelum menambahkan Laravolt dengan command line, jangan lupa masuk ke folder project, ya! Setelah itu, install Laravolt sesuai dengan dokumentasi resminya di https://laravolt.dev/docs/installation/.

Install Laravolt

Tampilan halaman login Laravolt

Nah, seperti yang telah saya jelaskan diatas. Untuk permulaan ini, mari kita fokuskan dulu untuk merubah halaman authentication, yakni halaman login, register dan forgot password. Ekspektasi yang diharapkan adalah seperti gambar dibawah ini.

Halaman authentication template Dashkit

Publish files

Kita akan meng-override file .blade.php yang digunakan oleh Laravolt di folder vendor ke folder resources/views dengan sebuah command yang sangat simpel:

php artisan vendor:publish --tag=laravolt-views

Files hasil publikasi vendor laravolt

Well, sampai disini kita bisa meng-customize tampilan platform Laravolt sesuai dengan keinginan kita dengan cara meng-edit files di folder views yang barusan kita publish. Nantikan tutorial part 2-nya hanya di ID Laravel, cheers! 🍻

Daftar newsletter yuk!

Kamu akan mendapatkan maksimal 1 email per minggu, berisi kumpulan informasi menarik seputar Laravel, PHP, dan teknologi web pada umumnya.

1000++ web artisan lain telah berlangganan, jangan kudet.