18 Mei 2020 • Anandia Muhammad Yudhistira

6 Trik Tersembunyi di PHPStorm yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


Sebagai developer PHP mungkin ada di antara kita yang sudah terbiasa dengan suatu editor tertentu sehingga kita sudah hafal beberapa shortcut-shortcut yang ada di dalamnya. Dengan adanya fitur ini maka akan sangat memudahkan developer itu sendiri ketika sedang membangun sebuah aplikasi.

Tidak hanya fitur shortcut saja melainkan fitur lainnya seperti autocomplete, mencari file, mencari nama method dan lain-lain juga harus kita perhatikan untuk mempercepat proses development.

Salah satu aplikasi code editor yang dinilai penulis mempunyai fitur yang sangat lengkap adalah PHPStorm, berikut ini tips trik tersembunyinya yang mungkin belum anda ketahui :

1. Bookmark line

Kadang kita sering mengedit file yang panjang dan perlu melakukan scroll kebawah dan keatas untuk pindah line, setelah itu pun kita harus melihat lagi kodingan yang mau kita edit dan itu menurut penulis akan sangat merepotkan.

Bookmark ini berguna untuk menandai line mana dan file mana yang akan kita buka dalam waktu dekat setelah kita membuka file lain. Berikut langkah-langkahnya :

a. Tekan CTRL + F11 kemudian pilih nomor atau huruf untuk penamaan bookmarknya.

b. Tampilan setelah ditandai / bookmark akan menjadi seperti di bawah ini. Untuk menuju line yang akan dituju dengan cara CTRL + nomor/huruf yang dipilih, misalnya kalau digambar ini maka CTRL + 1.

2. Melihat isi dan tipe parameter dalam method

Ketika kita berurusan dengan method, seringkali kita lupa parameter tersebut isinya apa aja dan beserta tipe yang diterima apa aja. Di PHPStorm anda dapat menggunakan CTRL + P di dalam kurung method.

3. Memilih kata yang sama

Ada kalanya kita ingin mengubah kata yang banyak sekaligus, dengan memilih satu persatu katanya tentunya akan sangat merepotkan proses development. PHPStorm mempunyai sebuah fitur untuk memilih kata sekaligus dengan menggunakan shortcut ALT + J.

4. Melihat history clipboard

Fitur history clipboard ini berguna ketika kita ingin melihat list copy paste apa yang pernah kita lakukan. Cara penggunaannya adalah dengan menggunakan CTRL + SHIFT + V.

5. Mengubah if else ke switch case

Tentu kita seringkali melihat kodingan yang hanya menggunakan satu variabel dan pembanding yang sama seperti dibawah ini. Kodingan ini tidak salah tapi alangkah baiknya kode di bawah ini menggunakan switch case.

Nah cara mengubah dari if else ke switch case dengan cepat adalah dengan meletakkan kursor kita kemudian klik tanda panah ke bawah di samping icon lampu dan memilih Replace ‘if’ with ‘switch’.

6. Refactoring variable

Ketika kita ingin mengubah suatu variabel tentu kita akan repot jika mengganti satu persatu, maka dengan menggunakan shortcut SHIFT + F6 kita dapat langsung mengedit semua variabel tersebut.

Demikian 6 trik tersembunyi di PhpStorm yang mungkin belum anda ketahui, semoga kita dapat lebih memanfaatkan aplikasi ini menjadi lebih maksimal lagi sehingga akan lebih memudahkan kita dalam membangun sebuah aplikasi.

Daftar newsletter yuk!

Kamu akan mendapatkan maksimal 1 email per minggu, berisi kumpulan informasi menarik seputar Laravel, PHP, dan teknologi web pada umumnya.

1000++ web artisan lain telah berlangganan, jangan kudet.