29 Oktober 2019 • Bayu Hendra Winata

Composer Install vs Composer Update


Intro

Hari ini, hampir mustahil membuat software sistem informasi tanpa bantuan package manager. Demikian juga PHP dengan composer-nya. Sehari hari kita terbiasa memanfaatkan Composer untuk mengunduh package yang kita butuhkan. Ingin melakukan operasi terhadap tanggal? Ada nesbot/carbon. Perlu integrasi dengan AWS? Ada aws/aws-sdk-php. Butuh data wilayah se-Indonesia? Ada laravolt/indonesia.

Salah satu perintah Composer yang sering kita jalankan adalah composer install dan composer update. Banyak programmer yang kurang begitu memerhatikan perbedaan kedua perintah tersebut. Secara kasat mata mungkin terlihat sama, tetapi sesungguhnya ada perbedaan yang sangat mendasar, yang harus dipahami agar tidak menimbulkan "keributan" di kemudian hari.

Perbedaan Composer Install dan Update

Membicarakan perbedaan composer install dan composer update harus dimulai dari memahami dua buah file yang sering kita jumpai dalam sebuah repo sebuah proyek berbasis PHP, yaitu composer.json dan composer.lock.

Secara singkat, composer.json adalah file yang dibuat secara manual untuk mendefinisikan package apa saja yang dibutuhkan beserta batasan (constraint) versinya. Sementara itu, composer.lock adalah file yang berisi daftar semua package beserta versinya, yang digenerate secara otomatis berdasar isi composer.json. Cobalah sesekali melihat isi file composer.lock agar lebih paham.

Diagram di bawah ini bisa menjadi gambaran awal untuk memahami perbedaan install dan update dan kaitannya dengan composer.json serta composer.lock.

image-20191029084853530

Ketika repo (folder proyek) pertama kali dibuat, biasanya hanya ada file composer.json. Sebagai contoh, silakan lihat repo Laravel. Disitu terlihat Laravel hanya menyertakan file composer.json. Ketika memulai proyek from scratch dan tanpa framework, file ini bisa dibuat secara manual atau digenerate dengan perintah composer init.

Setelah itu perintah composer install bisa dijalankan. Sesuai alur pada diagram di atas, maka Composer akan mengecek versi terbaru dari semua package (sesuai yg tertulis di composer.json), mengunduhnya, lalu meng-generate file composer.lock.

Jika di composer.json tercantum "laravel/framework": "^6.0" sedangkan versi yang tersedia sudah sampai 6.4.0, maka yang akan diunduh dan dicatat di composer.lock adalah versi 6.4.0, bukan 6.0.0. Pembahasan tentang perbedaan cara penulisan versi bisa dibaca di artikel berikut ini.

Lalu, semua source code termasuk composer.json dan composer.lock dicommit dan dipush ke SVN (misalnya gitlab, github, atau bitbucket). Programmer lain yang akan setup pertama kali, cukup melakukan clone repository dan menjalankan composer install. Tidak perlu (dan tidak direkomendasikan) menjalankan composer update.

Untuk Laravel, jika folder proyek pertama kali dibuat melalui perintah composer create-project laravel/laravel aplikasiku atau laravel new aplikasiku, maka perintah composer install secara otomatis akan langsung dijalankan sehingga seolah-olah file composer.lock sudah ada.

Kenapa composer.lock Harus Dicommit?

Masih ada beberapa (lead) programmer yang memasukkan composer.lock ke dalam .gitignore. Artinya, composer.lock tidak masuk ke repository sehingga setiap programmer harus meng-generatenya sendiri dengan perintah composer install ataupun composer.update. Ada dua kerugian ketika melakukan ini:

  1. Tanpa composer.lock, menjalankan composer install ataupun composer update menjadi jauh lebih lama.
  2. Jika setiap programmer memiliki versi composer.lock masing-masing, maka ada potensi perbedaan versi package yang diinstall. Hal ini bisa menjadi penyebab jalan kok di tempat saya. Sebagai contoh, berikut ini cerita pertengkaran Jon dan Dodo:
    • Hari Senin, Jon melakukan composer install, mendapatkan Laravel versi 6.1.0, composer.lock tidak dicommit.
    • Selasa pagi, Jon menemukan bug aneh, lalu minta bantuan temannya, Dodo.
    • Selasa sore, ada yang melaporkan bug yang sama di Laravel.
    • Rabu pagi, Laravel merilis versi baru 6.2.0 untuk memperbaiki bug tersebut.
    • Kamis, Dodo setup proyek di localhost dan menjalankan composer install. Nah, karena tidak ada file composer.lock, maka sesuai diagram di atas, Composer akan mengunduh versi terbaru yaitu versi 6.2.0 yang sudah mengakomodir bug yang ditemui Jon. Karena bug sudah diperbaiki di level framework, Dodo tidak bisa mereproduksi bug yang dilaporkan Jon. Tetapi, karena masih terinstall Laravel 6.1.0, Jon masih menemui bug tersebug di localhost-nya.
    • Sepanjang Kamis-Jumat, Jon dan Dodo bertengkar hebat karena jalan kok di tempat saya, laptopmu yang error kali. Semuanya disebabkan karena composer.lock tidak dicommit. Menyedihkan.

Meng-ignore composer.lock sudah lama tidak dianjurkan. Jika kamu masih menemui lead programmer yang memutuskan seperti itu, silakan diingatkan agar kembali ke jalan yang benar 😇

Kapan Melakukan Update

Perintah composer update dijalankan hanya dan hanya jika ada niatan yang dilakukan secara sadar untuk mengupdate sebagian atau semua package. Setelah melakukan composer update, maka kemungkinan besar file composer.lock akan berubah. Programmer yang melakukan update tersebut berkewajiban untuk meng-commit composer.lock sehingga programmer lain tinggal menjalankan composer install untuk bisa mendapatkan versi package yang sama.

Pada prakteknya, lebih dianjurkan untuk melakukan update secara spesifik ke package tertentu, yang memang kita ketahui ada versi baru yang dirilis dan kita membutuhkan versi baru tersebut. Caranya dengan menjalankan composer update <vendor/package-name>.

Mengambil contoh kasus Jon & Dodo di atas, maka kita cukup menjalankan perintah:

composer update laravel/framework

Composer selanjutnya akan mengecek apakah laravel/framework sudah merilis versi baru. Jika ada, source code laravel/framework di folder vendor dan isi file composer.lock akan diperbarui. Package lain tidak akan tersentuh.

Kapan Melakukan Install

Perintah composer install dijalankan ketika ada programmer lain yang menambahkan package. Hal ini bisa dilihat di git commit apakah ada perubahan file composer.json dan composer.lock. Jadi, rajin-rajinlah melihat commit history programmer lain dalam satu proyek.

Atau, biasanya kita baru menyadari ketika menemukan error "Class Foo\Bar Not Found". Pada saat itulah tandanya kita harus melaukan composer install. Sekali lagi, composer install ya, jangan composer update.

Menangani Konflik

Konflik bisa terjadi ketika ada 2 programmer yang menambah (atau update) package. Tidak perlu resah, ketika menggunakan SVN (seperti Git), maka konflik adalah hal yang lumrah. Yang perlu dilakukan hanyalah menyelesaikannya dengan baik-baik. Bagaimana caranya?

Ingat kembali perbedaan file composer.json dan composer.lock di atas. Menambah 1 baris di composer.json (misal dengan perintah composer require awesome/package) bisa mengakibatkan penambahan beberapa baris di compose.lock. Oleh sebab itu, biasanya konflik di composer.json lebih mudah diselesaikan.

Jadi, cara tepat untuk resolve conflict adalah:

  1. Untuk file composer.json, biasanya perbedaannya cukup mudah untuk diselesaikan secara manual. Contoh konflik yang terjadi karena ada 2 programmer menambahkan package:

    <<<<<<<< HEAD
        "laravolt/suitable": "^3.5",
    ============
        "laravolt/thunderclap": "~0.15",
    >>>>>>>>>> 32874b239479
    

    Konflik di atas bisa langsung diperbaiki menjadi:

    "laravolt/suitable": "^3.5",
    "laravolt/thunderclap": "~0.15",
    
  2. Untuk file composer.lock, bisa resolve using theirs atau resolve using mine. Bebas. Ini hanya perbaikan sementara.

  3. Jika konflik sudah berhasil diselesaikan (biasanya ditandai dengan sebuah commit merge conflicts), jalankan composer update untuk memberbarui composer.lock agar sesuai dengan isi composer.json. Ingat, di langkah sebelumnya kita melakukan resolve using theirs atau resolve using mine. Berarti ada potongan kode di composer.lock yang hilang. Oleh sebab itu, kita harus meng-override-nya kembali dengan perintah composer update.

  4. Commit composer.lock.

  5. Woro-woro ke programmer lain yang terlibat untuk untuk pull dan menjalankan composer install agar bisa mendapatkan versi package yang sama.

Referensi

  1. https://adamcod.es/2013/03/07/composer-install-vs-composer-update.html#fn1
  2. https://getcomposer.org/

Daftar newsletter yuk!

Kamu akan mendapatkan maksimal 1 email per minggu, berisi kumpulan informasi menarik seputar Laravel, PHP, dan teknologi web pada umumnya.

1000++ web artisan lain telah berlangganan, jangan kudet.