1 Maret 2015 • Bayu Hendra Winata

Package Pilihan Minggu Ini #1: Development Tools


Tema minggu ini adalah package yang digunakan unuk mempercepat workflow pengembangan aplikasi. Package yang disebutkan di bawah ini, meskipun tidak secara langsung menambah fitur aplikasi, tetapi berguna bagi developer selama masa pengembangan.

Laravel Debugbar

Ingin tahu query yang dihasilkan oleh Eloquent dan berapa lama waktunya?

Ingin tahu berapa penggunaan memory dari suatu request?

Ingin ada fitur layaknya console.log di Javascipt untuk memudahkan debugging?

Dan masih banyak lagi lainnya. Laravel Debugbar memberikan informasi tambahan terkait halaman yang sedang Anda buka. Sangat membantu sekali selama masa development.

Link: https://github.com/barryvdh/laravel-debugbar

Laravel Generator

Laravel Generator membantu mempercepat workflow Anda dengan menggenerate file-file template untuk model, controller, seeder, migration untuk pivot table dan banyak lagi. Tidak ada lagi copy-paste-edit :D

https://github.com/laracasts/Laravel-5-Generators-Extended

Laravel IDE Helper Generator

Jika Anda menggunakan Sublime Text, PHP Storm ataupun IDE lainnya, maka Laravel IDE Generator akan meng-generate ringkasan file yang berisi class dan fungsi untuk membantu IDE yang Anda gunakan sehingga bisa menampilkan autocomplete yang akurat. Tidak perlu lagi bolak-balik mencontek dokumentasi :P

https://github.com/barryvdh/laravel-ide-helper

Ups, apakah ada package yang sering Anda gunakan dalam masa pengembangan yang belum disebutkan? Kasih tahu saya dengan cara menuliskan komentar di bawah ya ;)

Daftar newsletter yuk!

Kamu akan mendapatkan maksimal 1 email per minggu, berisi kumpulan informasi menarik seputar Laravel, PHP, dan teknologi web pada umumnya.

1000++ web artisan lain telah berlangganan, jangan kudet.